Individual Branding haki untuk Pengusaha

Bertepatan dengan bergulirnya Warga Ekonomi ASEAN (MEA) karena itu seluruh produk barang dan layanan akan bebas keluar dan masuk di pasar Indonesia. Demikian pula dengan arus beberapa karyawan professional. Tetapi kelihatannya, Indonesia akan jadi negara pasar khusus produk barang dari negara lain. Sementara dari segi professional, banyak yang ingin bekerja di luar negeri. Memang dalam soal upah, Singapura dan Malaysia misalkan, lebih tinggi dibandingkan gaji minimal di Indonesia.

Individual branding untuk tingkatkan citra diri dan citra produk, dapat menolong kamu mencapai kesuksesan. Apa kamu berwiraswasta di bagian produk atau sebagai professional, individual branding bawa banyak faedah. Untuk kamu sebagai pebisnis, individual branding penting bila produk yang kamu pasarkan ialah produk layanan.

Membuat sebuah individual merek haki yang gampang dikenal sesungguhnya buka kesempatan professional yang besar sekali. Untuk membuat landasan individual branding, salah satunya usaha yang perlu kamu kerjakan dengan mengenal siapa dirimu. Selanjutnya tetapkan nilai apa yang sangat berharga buat kamu.

Ingat, membuat dan menjaga individual merek haki seperti menjaga relationship dengan seorang yang khusus. Sama perlu cinta, nafsu, usaha, suatu hal yang khusus, keyakinan, kesetiaan, kesabaran, dan ketekunan.

Bagaimana triknya?

  1. Orisinal
    Bangunlah individual merek/merk individu berdasar personalitas kamu sendiri. Atau berdasar personalitas dari profile yang kamu sayangi. kamu dapat belajar pada mereka yang sudah sukses, tapi tidak boleh mengikuti mereknya. Jika mengikuti, kamu cuman akan dipandang seperti plagiat.
  2. Stabil
    Merek haki yang bagus ialah yang stabil, baik dari tipe produk yang dijajakan, sasaran pasar dan simbol. Lihat bagaimana brand-brand besar seperti Levi’s, Nike, Microsoft sanggup kuasai pasar dengan kekonsistenannya.
  3. Specialistasi
    Konsentrasilah pada satu sektor yang kamu sayangi. Fokuslah pada satu talenta khusus atau ketrampilan unik saja. Mempunyai pengetahuan dan bergerak di beberapa sektor memang benar-benar tidak jelek, tapi jadi generalis tanpa ketrampilan, kekuatan, atau talenta khusus, akan membuat kamu tidak unik.
  4. Kewenangan
    Yang diartikan kewenangan ialah ‘terlihat’ sebagai seorang pakar yang dikenali dalam sektor tertentu dan mempunyai talenta yang mengagumkan. Dengan dilihat sebagai pakar, secara automatis kamu akan berasa perlu usaha untuk terus-terusan mempertajam talenta dan pengetahuan kamu pada sektor yang kamu lalui. Hingga selanjutnya, kamu akan terlihat benar-benar eksper dan dilihat sebagai seorang pimpinan yang efisien. Bukan sekedar gambar atau “pencitraan.”
  5. Berlainan
    Bedakan dirimu berdasar merek kamu. Individual merek haki perlu dilukiskan secara unik dan berlainan dari kompetitor. Individual merek harus diartikan secara jelas hingga audience bisa dengan cepat tangkap pesannya.
  6. Berkaitan
    Merek kamu harus mempunyai pesan yang berkaitan dengan suatu hal yang dipandang penting oleh audience sasaran. Sudah tentu, sasaran audience ikhlas bayar untuk hal yang di rasa penting untuk peningkatan dianya, atau minimum bagus sekali untuk mereka.
  7. Keterikatan
    Apa merk langsung kamu pikir saat berbicara mengenai mobil? Dapat maka Toyota ialah merk yang pertama ada di kepala. Ini karena merek ini sudah tawarkan ‘sesuatu yang pasti’, karena itu customer akan melirik merek itu. Suatu hal yang jelas tujuannya ialah hampir tidak ada customer yang menyalahkan produknya. Coba diaplikasikan pada individual branding.
  8. Visibility
    Pesan merek harus ditayangkan berkali-kali, terus-terusan, stabil sampai tertancap di pikiran audience. Dalam masalah ini, kamu dapat manfaatkan media tv atau media online. kamu perlu bekerja bersama dengan media yang pas yang bisa menyiarkan merek kamu.
  9. Konsistensi
    Individual merek memerlukan waktu untuk tumbuh. Setialah ke merek itu. Jangan putus asa, percayalah dalam diri sendiri, dan bersabarlah. Tidak boleh kikir pada pengorbanan, keberanian, dan rencana. Salah satunya merek yang secara sukses menjaga identitasnya secara stabil ialah Coca Cola. Dibangun semenjak 1886, sampai sekarang minuman soda ini mempunyai identitas merek yang gampang dikenal.
  10. Performa
    Performa ialah komponen terpenting sesudah merek dikenali. Jika kamu tidak lakukan suatu hal untuk merek kamu dan tidak mengoreksi diri secara terus-terusan, individual branding cuman jadi suatu hal yang malu-maluin.