Merek Bisa Ditampik atau Tidak Didaftarkan dengan biaya pendaftaran merek, Ini Argumennya

Anda telah lakukan registrasi merek tetapi ditampik? Memang sesungguhnya kenapa registrasi merek kita ditampik? Apa peluang alasan-alasannya?

UU Merek dan Tanda-tanda Geografis membagi dua kelompok argumen tidak diterimanya registrasi dari satu merek, salah satunya kelompok merek yang tidak bisa didaftar dan permintaan biaya pendaftaran merek yang ditampik. Merek yang Tidak Bisa Didaftar Pasal 20 UU Merek dan Tanda-tanda Geografis mengendalikan berkenaan alasan-alasan tidak bisa didaftarkannya satu merek salah satunya: Berlawanan dengan ideologi negara, ketentuan perundang-undangan, moralitas, agama, kesusilaan, atau keteraturan umum.

“Berlawanan dengan keteraturan umum” yang diartikan ialah jika merek itu tidak searah dengan ketentuan yang ada pada warga yang karakternya lengkap seperti menyentuh hati warga atau kelompok, menyentuh kesopanan atau norma umum warga, dan menyentuh biaya pendaftaran merek ketentraman warga atau kelompok. Sama dengan, terkait dengan, atau cuman mengatakan barang dan/atau layanan yang dimohonkan registrasinya. Contoh: lakukan registrasi pada merek “minyak” pada kelas merek tipe minyak. Berisi elemen yang bisa menyimpang warga mengenai asal, kualitas, tipe, ukuran, jenis, arah pemakaian barang dan/atau layanan yang dimohonkan registrasinya.

Selanjutnya UU Merek dan Tanda-tanda Geografis menerangkan jika yang diartikan dengan “berisi elemen yang bisa menyimpang” misalkan merek “Kecap No. 1” tidak bisa didaftarkan biaya pendaftaran merek karena menyimpang warga berkaitan dengan kualitas barang. Contoh lain, merek “netto 100 g” tidak bisa didaftarkan karena menyimpang warga berkaitan sama ukuran barang. Adalah nama varietas tanaman yang diproteksi untuk barang dan/atau layanan yang semacam.

Berisi info yang tidak sesuai kualitas, faedah, atau manfaat dari barang dan/atau layanan yang dibuat. Contoh: obat yang bisa mengobati seribu satu penyakit, rokok yang aman untuk kesehatan. Tidak mempunyai daya pembanding UU Merek dan Tanda-tanda Geografi menerangkan jika tanda dipandang tidak mempunyai biaya pendaftaran merek daya pembanding jika tanda itu begitu simpel seperti satu tanda garis atau satu tanda titik, atau begitu susah hingga tidak terang. Adalah nama umum dan/atau simbol punya umum Yang diartikan dengan “nama umum” di sini misalkan merek “rumah makan” untuk restaurant, merek “warung kopi” untuk cafe. Sedang yang diartikan dengan “simbol punya umum” diantaranya “simbol tengkorak” untuk barang beresiko, simbol “tanda toksin” untuk bahan kimia, atau “simbol sendok dan garpu” untuk layanan restaurant.

Merek yang Ditampik Berdasar Pasal 21 UU Merek dan Tanda-tanda Geografis, alasan-alasan permintaan merek ditampik salah satunya: Merek itu mempunyai kesamaan pada dasarnya atau kesemuaannya dengan: Merek tercatat punya faksi lain atau dimohonkan terlebih dulu oleh faksi lain untuk barang dan/atau layanan semacam; Merek populer punya faksi lain untuk barang dan/atau layanan semacam; Merek populer punya faksi lain untuk barang dan/atau layanan tidak semacam yang penuhi syarat tertentu; atau Tanda-tanda Geografis tercatat. “Kesamaan pada dasarnya” di sini disimpulkan sebagai keserupaan yang disebabkan karena ada elemen yang menguasai di antara merek yang satu dengan merek lainnya hingga memunculkan kesan-kesan ada kesamaan, baik berkenaan wujud, langkah peletakan, langkah penulisan atau gabungan di antara elemen, atau kesamaan bunyi perkataan, yang ada dalam merek itu.

Merek itu adalah atau seperti nama atau kependekan nama orang populer, photo, atau nama tubuh hukum yang dipunyai seseorang, terkecuali atas kesepakatan tercatat dari yang memiliki hak. Merek itu adalah tiruan atau seperti nama atau kependekan nama, bendera, simbol atau lambang atau emblem satu negara, atau instansi nasional atau internasional, terkecuali atas kesepakatan tercatat dari faksi yang berkuasa. Merek itu adalah tiruan atau seperti tanda atau cap atau stempel sah yang dipakai oleh negara atau instansi Pemerintahan, terkecuali atas kesepakatan tercatat dari faksi yang berkuasa. Merek disodorkan oleh pemohon yang beritikad tidak bagus.